Kadar kolesterol normal yang harus anda ketahui

Kadar kolesterol normal yang harus anda ketahui

Tingkat kolesterol setiap orang sangat tergantung sekali dengan konsumsi makanan, faktor keteurunan, riwyat penyakit dan gaya hidup. Kolesterol adalah zat lemak yang ada di dalam tubuh, sebagian diproduksi oleh hati dan sebagian lagi bisa bersumber dari makanan yang kita konsumsi.

Kolesterol sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tetap normal, digunakan sebagai sumber energi dan membantu membangun enzim-enzim tertentu yang terdapat didalam tubuh, tapi adakalanya kolesterol bisa mengganggu kesehatan manakala kadarnya tidak normal atau sering disebut dengan kolesterol tinggi.

Mengetahui tingkat kolesterol normal

Gangguan kesehatan yang sering diakibatkan oleh kadar kolesterol tinggi adalah struke, jantung koroner dan juga dapat menganggu sirkulasi darah yang tidak normal.

Agar  kadar kolesterol di dalam tubuh tetap normal maka salah satu cara terbaik adalah selalu melakukan check-up untuk mengetahui tingkat kolesterol dalam tubuh, dan anda dituntut untuk mengetahui kadar kolesterol normal yang terdapat di dalam tubuh.

Mengenal Jenis kolesterol di dalam tubuh

Kolesterol ada di dalam darah karena dibawa oleh senyawa protein disebut juga sebagai lipoprotein, ada dua jenis kolesterol yaitu kolesterol jahat atau Kolesterol dengan kepadatan rendah (LDL-Low Density Lipoprotein)  dan kolesterol baik atau disebut juga kolesterol dengan kepadatan tinggi (HDL - High density Lipoprotein).

LDL adalah lipoprotein yang membawa sel lemak ke dalam sel-sel tubuh untuk membantu pembentukan enzim dan juga memberikan sumber energi di dalam tubuh, sedangkan HDL berperan membawa zat lemak dari dalam tubuh menuju hati agar dapat dibuang bersama kotoran, HDL ini berperan mencegah  penyempitan pembuluh darah akibat lemak (ateroma) yang dapat memicu penyakit jantung akibat pengerasan pembuluh darah (ateroklerosis) yang disebabkan oleh bertumpuknya lemak pada dinding-dinding arteri atau pembuluh darah sehingga peredaran darah atau sirkulasi darah tidak lancar.

Selain kedua kolesterol di atas ada juga lemak dalam bentuk lain yang disebut trigliserida, lemak ini juga dapat memicu resiko penyakit jantung jika kadarnya tidak normal. semakin rendah tingkat trigliserida maka akan semakin baik untuk kesehatan.

Kapan sebaiknya Anda mula memeriksa tingkat kolesterol?

Untuk orang yang memiliki kadar kolesterol tidak normal sebaiknya melakukan pemeriksaan secara berkala, tujuannya adalah agar anda selalu dapat mengontrol kesehatan anda, jika kadar kolesterol tinggi maka anda bisa mulai mengatur pola makan sesuai dengan yang disarankan dokter sehingga anda bisa tetap sehat.

Lantas kapan sebaiknya melakukan pemeriksaan kolesterol?
Pemeriksaan kolesterol akan sangat tergantung kepada usia, gaya hidup, riwayat penyakit dan juga berat badan, sebagai brikut:

1.  Untuk Anda sebagai perokok, keluarga yang memiliki riwayat penyakit jantung, memiliki berat badan berlebih dan memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya anda mulai memeriksa kadar kolesterol sejak usia 20 tahun, jika hasilnya normal maka anda dapat memeriksakan kolesterol anda 5 tahun sekali, jika diketahui anda memiliki kolesterol tinggi maka pemeriksaan harus dilakukan sesering mungkin.

2. Untuk anda yang bukan perokok, tidak punya riwayat penyakit, memiliki berat badan normal, pemeriksaan kadar kolesterol bisa anda lakukan ketika usia anda 35 tahun.
Jika kadar kolesterol hasil peeriksaan normal, maka anda bisa melakukan pemeriksaan berikutnya 5 tahun mendatang. tapi jika anda ternyata diketahui memiliki kadar kolesterol tinggi, sebaiknya lakukan pemeriksaan sesering mungkin.

Mengetahui Tingkat Kolesterol Normal

Kadar kolesterol bisa diketahui dengan cara melakukan pemeriksaan, jika anda ingin melakukan pemeriksaan kolesterol maka sebaiknya berpuasa terlebih dahulu 9 - 12 jam, tinggi rendahnya kadar kolesterol di dalam darah dapat diketahui dengan cara membandingkan kadar kolesterol dalam miligram (mg) yang terdapat di dalam setiap desiliter (ds) darah.

Untuk mengetahui bahwa kolesterol dalam keadaan normal maka akan dilakukan pemerisaan untuk mengathaui  kadar kolesterol jahat (LDL) kolesterol baik (HDL), tirgliserida dan kolesterol total, sebagai berikut:

1.  Kolesterol Baik (HDL - High Density Lipoprotein)

HDL memiliki peran untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga jika kadar HDL tinggi maka akan semakin baik untuk kesehatan.

Kadar HDL dapat dikatakan normal  jika nilainya minimal 60 mg/dl,semakin tinggi maka akan semakin baik untuk kesehatan dan dapat mengurangi resiko penyakit jantung, sedangkan jika nilainya kurang dari 40 mg/dL, maka ini akan meningkatkan resiko penyakit jantung.

2. Kolesterol Jahat (LDL- Low Density Lipoprotein)

Semakin rendah LDL maka akan semakin baik, angka kolesterol yang baik ada dikisaran kurang dari 100 mg/dL, sedangkan jika nilainya berada di kisaran 100-129 mg/dL maka ini masih dikatakan bisa ditolerasni oleh tubuh, sedangkan jika nilainya berada di atas 129, itu sudah dapat dikatakan tinggi dan dapat mengangu kesehatan seperti ateroma atau penyumbatan pembuluh darah, penyakit jantung dan stroke. Jika jumlahnya mencapai di atas 150 - 199 mg/DL itu sudah berada pada level yang sangat tinggi.

3. Trigliserida

Untuk mengatahui kadar kolesterol normal diperlukan juga pemeriksaan trigliserida, trigliserida adalah lemak selain kolesterol yang dapat memicu penyakit jantung, semakin rendah jumlah trigliserida maka itu akan semakin baik untuk kesehatan.

Angka trigleserida harus berada di bawah 100, dan 100-129 itu masih dikatakan normal karena masih bisa ditoleransi oleh tubuh, jika angkanya diatas 150 -199 , maka itu dapat dikatakan berada pada ambang batas tinggi, dan jika angkanya 200 atau lebih itu sudah sangat tinggi, dan biasanya memerlukan perawatan.

4. Kolesterol Total

Kolestarol total adalah jumlah antara kolesterol baik, kolesterol jahat dan juga trigliserida, jika jumlahnya  kurang dari 200, masih dikatakan normal dan masih bisa ditoleransi, sedangkan jika jumlahnya antara 200-239 itu sudah ada di ambang batas tinggi, jika kolesterol total berada di atas 240 maka itu dapat dikatakan kolesterol anda tinggi.

Dengan mengetahui kolesterol total dan HDL maka sudah cukup dapat mengetahui kondisi umum kolesterol anda rendah atau tinggi, namun terkadang jika kolesterol total 200 atau lebih dan HDL kurang dari 40 mg/DL maka perlu diketahui LDL dan juga trigliserida sehingga dapat diketahui tinggi rendahnya kolesterol anda.

Cara Menurukan kadar kolesterol tinggi

Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi atau kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat dimulai dengan selalu menjaga pola hidup sehat, rutin berolahraga dan selalu mengkonsumsi makanan bergizi kaya akan omega 3, serat larut, anti oksidan kacang-kacangan dan makanan lainnya yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh:

1. Kacang-kacangan seperti almond, pistachio, hazelnut, dan lainnya dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Anda dapat mengganti makanan berlemak seperti keju dan daging dengan kacang-kacangan.

2. Minyak zaitun, mengandung antioksidan yang dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat. Gunakan dua sendok makan minyak zaitun dalam sehari untuk salad atau masakan Anda.
3. Makanan yang kaya akan kandungan omega 3 seperti  ikan sarden, makerel, salmon, dan tuna, makanan yang kaya akan omega 3 sangat bagus untuk jantung.

4. Makanan yang kaya akan serat larut yang dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat, seperti Oatmeal, Quacker Oat. Dalam sehari, Anda setidaknya  memerlukan 5-10 gram  serat larut. Satu setengah cangkir oatmeal yang telah dimasak mengandung sekitar 6 gram serat. Anda dapat menambahkan buah di atas bubur oatmeal untuk memperkaya rasa.

Makanan yang bisa menyebabkan kadar kolesterol Tinggi

Yang bisa menyebabkan kadar kolesterol tinggi adalah makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan memiliki kadar kolesterol tinggi.

Berikut beberapa makanan yang dapat menyebabkan kadar kolesterol tinggi:

1. Lobster
Lobster memiliki kadar kolesterol tinggi, sehingga harus dibatasi, di setiap 85 gram lobster terkadung 61 mg kolesterol.

2. Hati

3. Steak Iga,

4. Burger