3 Faktor Penyebab timbulnya Jerawat Menurut Dokter Spesialis

3 Faktor Penyebab timbulnya Jerawat Menurut Dokter Spesialis

Jerawat memang satu Gangguan pada kulit yang sangat menganggu, dan terkadang untuk beberapa jenis jerawat sulit dihilangkan, menyebabkan rasa sakit, kurang nyaman, gatal-gatal kemerahan dan perih bahkan bisa mengakibatkan timbulnya bekas jerawat pada kulit wajah seperti bopengan atau muka berlubang karena terbentuknya jaringan parut di wajah disebabkan karena radang jerawat setelah jerawat tersebut mereda, dan parahnya lagi, kulit berlubang tersebut akan sulit sekali untuk dihilangkan yang tentu saja dapat mengurangi percaya diri si penderita.

Menurut dokter spesialis kulit, jerawat atau komedo pada kulit wajah bisa timbul karena adanya penyumbatan pori-pori kulit oleh minyak berlebih yang sudah mengering, debu yang menempel atau oleh sel-sel kulit mati yang terlepas sehingga terjadi infeksi disekitar pori-pori tersebut, sehingga timbul benjolan, oleh karena itu untuk menghindari timbulnya jerawat kebersihan wajah harus selalau dijaga terutama setelah pemakaian kosmetik atau setelah berolahraga yang menyebabkan banyak keluar keringat agar pori-pori kulit tidak tersumbat dan tetap bersih

Faktor penyebab jerawat pada kulit wajah

Faktor Utama penyebab jerawat

Berikut beberapa faktor penyebab jerawat yang saya ambil dari beberapa referensi dan informasi dari beberapa dokter spesialis sebagai informasi tambahan untuk anda yang mungkin berguna:

1. Karena Faktor Genetik Keturunan dari orang tua

Informasi yang saya peroleh bahwa salah satu penyebab jerawat adalah faktor keturunan genetik dari kedua orang tua, jika salah satu orang tua anda baik ibu maupun bapak atau keduanya dimasa mudah pernah mengalami jerawat maka 89% anaknya akan mengalami hal yang sama, namun ini bukan merupakan faktor satu-satunya masih banyak faktor-faktor lainnya yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Faktor genetik memang akan sulit dihindari karena terikat dengan darah bawaan dari orang tua. anda bisa mengalami jerawat pada usia remaja anda jika orang tua anda dulunya pernah berjerawat juga.

Untuk mengatasi jerawat karena faktor genetik, anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit, sehingga bisa ditemukan solusinya.

2. Faktor Gaya hidup dan produksi minyak berlebih pada kulit dan kurangnya menjaga kualitas kebersihan Wajah 

Faktor berikutnya yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat adalah faktor gaya hidup dan kebersihan, salah satunya adalah jarang cuci muka setelah anda beraktivitas mengeluarkan banyak keringat, terlalu banyak makan-makanan yang mengandung lemak, sering begadang, stress dan faktor lainnya.

Untuk anda yang sering melakukan aktivitas sebaiknya segera mencuci muka dengan air bersih setelah keringat mereda ini tujuannya adalah untuk membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat akibat debu agar tidak menginfeksi kulit wajah yang bisa menimbulkan munculnya jerawat.

Olahraga yang teratur, tidak begadang, tidak merokok, tidak mengkonsumsi narkoba, dll untuk membantu tubuh kita tetap memiliki pertahanan tubuh yang baik dan maksimal. Hindari zat radikal bebas yang dapat ditemukan dimana-mana serta menghadang dampak radikal bebas dengan minum teh atau lainnya yang mengandung antioksidan.

3.  Faktor Hormonal di usia pubertas

Salah satu faktor yang bisa menimbulkan jerawat adalah faktor hormonal, faktor hormonal penyebab timbulnya jerawat di picu oleh meningkatnya hormon testosteron akibat pubertas pada pria maupun wanita di usia remaja, yang mengakibatkan berlebihnya produksi kelenjar minyak (sebaceous gland) pada kulit sehingga pada kulit wajah dapat menimbulkan jerawat akibat potensi tersumbatnya pori-pori wajah oleh debu yang gampang menempel.

Untuk menghindari jerawat karena faktor hormonal anda bisa menempuh langkah-langkah berikut:
a. Sering mencuci wajah dengan air hangat bersih, dan gunakan handuk bersih untuk mengeringkannya

b.Jangan sekali-kali untuk memencet jerawat karena bisa menyebabkan infeksi dan iritasi sehingga bisa menimbulkan pembengkakan pada wajah.

c. Jangan sering menyentuh wajah, sementara tangan anda tidak steril.

d. Hindari tidur dengan mengup yang masih menempel dan belum dibersihkan.

e. Gunakan pakaian longgar jika jerawat timbul di bagian badan untuk memberikan ruang agar kulit bisa bernafas.

f. Selalu menjaga kebersihan dan jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak.

g. Konsultasikan dengan dokter spesialis kulit jika jerawat anda semakin parah dan tidak kunjung sembuh.


Demikian informasi mengenai 3 Faktor Penyebab timbulnya Jerawat Menurut Dokter Spesialis, semoga bermanfaat.