#4 Cara Menghilangkan bekas jerawat Secara Medis

#4 Cara Menghilangkan bekas jerawat Secara Medis

Banyak sekali cara menghilangkan bekas jerawat pada wajah, bisa secara alami dan juga bisa secara medis, namun penanganan yang paling tepat dan terpercaya tentu saja penanganan yang dilakukan secara medis, sedangkan lama tidaknya kulit muka kembali halus bersih dan normal tanpa meninggalkan bekas tergantung dari jenis jerawat yang diderita dan separah apa bekas jerawat yang anda miliki.

Secara medis ada 3 jenis bekas jerawat yang sering terjadi, yaitu bekas jerawat yang membuat permukaan kulit wajah bergelombang dan tidak rata (rolling), Bekas jerawat yang mengakibatkan kulit berlubang atau bopeng, dalam istilah kedokteran ini sering disebut dengan istilah (ice pick), dan bekas jerawat dalam bentuk cekungan besar yang berupa oval atau lingkaran (boxcar).

Bekas jerawat memang akan mengakibakan rasa kurang percaya diri oleh karena itu harus segera mungkin diambil tindakan yang tepat untuk menghilangkannya sehingga penampilan anda kembali menarik.

Mengenal 4 cara menghilangkan bekas jerawat

Untuk anda yang kebetulan saat ini memiliki jerawat yang tidak normal, atau jerawat tumbuh sangat banyak, terasa nyeri, perih dan memerah serta merasa sulit untuk dihilangkan, sebaiknya sesegera mungkin berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit agar segera mendapatkan penanganan yang serius, jangan sampai di biarkan berlarut-larut sehingga jerawat yang anda alami meradang dan mengakibatkan bekas jerawat parah yang sulit untuk dihilangkan.

# Hindari Hal-hal ini agar jerawat anda tidak berbekas

Jerawat memang menjadi masalah untuk sebagian penduduk indonesia, terutama untuk pria atau wanita yang kebetulan berusaia remaja, banyak faktor yang bisa menyebabkan jerawat, bisa karena pengaruh hormon, keturunan atau pengaruh gaya hidup.
Untuk beberapa kasus, jerawat yang dibiarkan tidak diperhatikan dan tidak dirawat tentu akan berpotensi menjadi semakin parah bahkan bisa berakibat menghasilkan bekas jerawat yang dapat membuat penampilan anda kurang menarik.

Jika anda kebetulan memiliki kilit wajah yang mudah jerawatan atau anda sedang jerawatan, sebaiknya anda menghindari hal-hal dibawah ini agar jerawat anda tidak berbekas:

a. Jangan sekali-kali memencet jerawat dengan alasan apapun.

Jerawat timbul karena adanya penyumbatan pada pori-pori kulit karena kulit sangat sensitif, terlalu bermnyak sehingga pori-pori tersebumbat, sebaiknya jangan sekali-kali anda pencet, karena bisa jadi terjadi infeksi dan peradangan pada kulit muka anda, akibat kurang sterilnya tangan atau alat yang anda gunakan.

Jika jerawat tersasa membaik biarkanlah dan jaga kebersihan karena pada saat itu terjadi pertumbuhan kolagin yang merupakan upaya kulit wajah untuk memproduksi kulit baru.

b. Kurangi Sinar matahari.

Jika anda kebetulan sedang berjerawat, kurangi atau batasi paparan sinar matahari secara langsung dan segala aktivitas yang menakibatkan anda mengeluarkan banyak sekali keringat. sinar matahari mengandung ultraviolet yang bisa menyebabkan jerawat sulit untuk sembuh, sekaligus membuat kulit di sekitar bekas jerawat menjadi lebih gelap karena sinar matahari dapat menstimulasi pigmentasi pada kulit.

Jika anda memang diharuskan beraktivitas diluar rentan terhadap paparan sinar matahari secara langsung, anda bisa gunakan krim tabir surya sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan, dan sebaiknya anda disarankan untuk menggunakan aksesori pelindung tambahan seperti topi lebar, agar kulit wajah anda tidak mendapatkan paparan sinar matahari secara langsung.

c. Jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi vitamin E

Vitamin E memang bisa merangsang pertumbuhan kulit dan untuk beberapa kasus sangat baik untuk kulit terutama untuk kulit wajah, namun untuk beberapa kasus, sebuah penelitian menyebutkan, mengoleskan vitamin E langsung pada bekas jerawat bisa mengakibatkan kondisi makin memburuk, tercatat sekitar 33% mengalami dermatitis kontak.

Oleh karena itu sebelum menggunakan vitamin E untuk kesehatan kulit karena jerawat, sebaiknya konsultasikan  terlebih dahulu  dengan dokter Anda, atau jika anda kebetulan menggunakan vitamin E untuk wajah silahkan rasakan dampaknya, jika membuat jerawat semakin parah maka anda harus segera menghentikannya, sedangkan jika menjadi lebih baik anda bisa melanjutkannya.


# Mengenal Cara Menghilangkan bekas Jerawat Secara Medis

Untuk saat ini Memang sangat banyak sekali jenis perawatan wajah akibat jerawat yang sudah teruji secara medis, namun untuk memilih perawatan yang paling tepat langkah terbaiknya adalah anda tetap harus konsultasikan dengan dokter spesialis kulit anda terlebih dahulu, agar hasilnya lebih maksimal dan cocok dengan jenis kulit anda.

Beberapa jenis terapi perawatan untuk menghilangkan jenis jerawat membandel adalah sebagai berikut:

1. Filler Injection dan Perawatan dengan Laser Fractional

Perawatan wajah bekas jerawat yang bisa anda lakukan agar kulit anda kembali normal adalah dengan filler injection (mengisi dengan injeksi atau suntikan), filler injection sangat cocok sekali untuk anda yang memiliki bekas jerawat berupa cekungan pada kulit wajah atau bopeng (ice pick, boxcar), dengan filler injection kulit wajah anda yang berupa lingkaran-lingkaran kecil yang cekung akan diisi melalui proses injeksi atau suntikan sehingga akan menjadi rata kembali normal seperti sedia kala. namun untuk mendapatkan kulit normal seperti sedia kala filler injection perlu dilakukan beberapa kali secara berulang tergantung dari saran dermatolog (dokter spesialis kulit).

Anda juga bisa memilih Perawatan dengan Laser Fractional, perawatan jenis ini menggunakan teknologi laser yang bertujuan untuk merangsang pertumbuhan kolagen (kulit baru), sehingga permukaan kulit yang tidak rata akibat bekas jerawat bisa kembali normal.

Jenis perawatan laser pada umumnya ada 2 kategori, ablatif dan non-ablatif, ablatif yaitu menembakan laser pada permukaan kulit secara langsung sehingga efeknya permukaan kulit akan kembali halus, sedangkan non-ablatif, secara tidak langsung untuk memancing pertumbuhan kolagen tanpa  mengganggu permukaan kulit.

Kedua jenis perawatan ini sangat cocok untuk anda yang memiliki bekas jerawat berupa cekungan atau permukaan kulit yang tidak rata.

2. Funch Techniques

Teknik mengatasi jerawat yang satu ini memang terbilang cukup rumit karena biasanya dilakukan melalui proses operasi bedah kecil, namun ini sangat cocok sekali untuk anda yang memiliki bekas jerawat dalam bentuk lubang-lubang dalam pada kulit muka. cocok untuk jenis jerawat (icepick dan boxar).

prosedur yang biasa dilakukan adalah mengangkat kulit bekas jerawat kemudian mengisi dengan kulit yang diambil dari bagian tubuh yang lain seperti kulit belakang telinga dan dibuat sejajar dengan kulit wajah. sehingga kulit bisa menjadi halus kembali.

3. Teknik Subcision

Jika anda kebetulan memiliki bekas jerawat berupa kulit muka tidak rata atau bergelombang atau dalam istilah kedokteran disebut rolling, maka cara ini merupakan salah satu perawatan kulit wajah akibat jerawat, yang bisa anda pilih.
 
Subcision dilakukan denvan cara mengangkat lapisan kulit teratas dari jaringan bawah bekas jerawat, sehingga menimbulkan luka di bawah jaringan kulit dan sengaja akan membuat darah memenuhi area tersebut. Gumpalan darah itu dibuat agar pada area tersebut  terbentuk jaringan ikat dan membantu mendorong bekas luka akibat jerawat kebagian luar sehingga akan membuat kulit wajah menjadi rata secara keseluruhan. cara ini biasanya diikuti dengan perawatan lain seperti dermabrasi dan perawatan laser.

4. Menggunakan Krim Wajah

 Perawatan jerawat dengan krim bisa anda pilih untuk bekas jerawat yang sifatnya ringan, anda bisa memilih cara ini jika anda kebetulan memiliki bekas jerawat memerah, bengkak dan adanya bintik-bintik hitam pada wajah, banyak sekali jenis krim yang bisa anda gunakan.

Untuk jenis bekas jerawat memerah dan membengkak maka paling cocok menggunakan krim kortison atau steroid, kirim jenis ini akan mampu diserap oleh kulit wajah sehingga bisa meredakan dan mengurangi pembengkakan pada wajah akibat jerawat.

Sedangkan untuk bekas jerawat menghitam pada wajah anda bisa memilih krim dengan bahan asam kojic, arbutin dan vitamin C.

Untuk mendapatkan krim yang cocok untuk kulit anda dan jenis bekas jerawat yang anda miliki disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sepsialis kulit agar hasilnya bisa lebih maksimal.

# Kesimpulan

Jerawat memang terkadang tidak bisa dihindari, oleh karena itu jika kebetulan anda mengidap jerawatan sebaiknya anda jangan sekali-kali melakukan hal yang bisa mengakibatkan jerawat anda membekas, segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit (Dermatolog) jika jerawat anda tidak normal, tidak kunjung sembuh dan semakin parah agar mendapatkan penanganan yang tepat sebelum jerawat anda meradang yang akan meninggalkan bekas.

Karena untuk menghilangkan bekas jerawat, akan memerlukan waktu yang sangat lama, perlu biaya yang tidak sedikit perlu kesabaran dan disiplin, oleh karena itu anda sedini mungkin harus bisa mengantisifasi segala hal yang dapat memperburuk jerawat anda, dengan pola hidup sehat dan bersih. dan selalu konsultasikan dengan dokter ahli jika memang jerawat yang anda miliki tidak normal dan sulit sembuh.

Demikian Artikel sederhana untuk anda agar lebih  Mengenal 4 Cara Menghilangkan bekas jerawat Secara Medis, sehingga bisa anda jadikan referensi untuk mengatasi bekas jerawat anda, semoga informasi ini bermanfaat.