#4 Tips Ampuh Mengatasi Jerawat agar Tidak Berbekas

#4 Tips Ampuh Mengatasi Jerawat agar Tidak Berbekas

Tips Ampuh Mengatasi Jerawat agar Tidak Berbekas - Masalah Muka berjerawat dikalangan anak muda memang dianggap sebagai salah satu yang menjadi masalah serius untuk saat ini, banyak hal yang bisa menyebabkan muka berjerawat, bisa karena faktor perubahan hormon, pola hidup yang salah, bahkan bisa disebabkan oleh faktor genetika.

Di indonesi sendiri jerawat memang menjadi salah satu masalah pada kulit muka yang dianggap serius, dan masalah ini  banyak sekali dialami oleh pria dan juga wanita yang menginjak usia 14 sampai 30 tahun, bahkan kehadiran jerawat  terbukti bisa membuat penampilan menjadi kurang menarik sehingga orang yang memiliki jerawat menjadi kurang percaya diri.

Tips untuk mengatasi jerawat agar tidak meninggalkan bekas

Memang  banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi guna menghilangkan jerawat, baik secara alami ataupun secara medis, namun cara yang kurang tepat dalam merawat dan menangani jerawat dapat membuat kulit muka yang berjerawat akan meninggalkan bekas, bisa berupa merah-merah, bintik-bintik hitam, permukaan kulit muka menjadi bergelombang (rolling), bahkan yang paling parah adalah kulit muka berlubang-atau bopeng (boxcar). tentu jika terjadi pada anda ini merupakan sebuah musibah jangka panjang yang akan membuat anda tidak percaya diri.

# Jangan Lakukan Hal-Hal ini Agar jerawat anda tidak meninggalkan bekas

Jika anda kebetulan memiliki kulit muka sensitif yang mudah jerawatan, sehingga muka anda mudah ditumbuhi jerawat, jangan lakukan hal-hal dibawah ini:

1. Jangan pernah memencet jerawata

Jangan sekali-kali mencoba memencet jerawat, karena ini bisa berpotensi kulit muka yang terkena jerawat akan terinfeksi oleh debu atau bakteri dari kulit atau barang yang anda gunakan yang tidak terjamin kebersihannya dan kurang steril.

Jika ini tetap dilakukan maka bisa merusak jaringan sel kulit yang berjerawat sehingga ketika jerawat anda mulai sembuh, akan meninggalkan bekas jerawat bisa berupa, kulit muka anda bergelombang tidak rata, lekukan-lekukan kecil pada kulit muka anda, bopeng atau bisa juka meninggalkan bekas noda hitam yang sulit dihilangkan.

Oleh karena itu selalu hindari untuk memencet jerawat apalagi kulit muka anda masih dalam keadaan terasa sakit memerah dan gatal-gatal.

2. Jangan terlalu Banyak menggunakan Cream vitamin E

Penelitian membuktikan bahwa penggunaan cream yang banyak mengandung vitamin E untuk digunakan pada kulit yang berjerawat bisa mengakibatkan dermatitis kontak yang dapat merusak jaringan kulit wajah.

3. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak 

Salah satu yang bisa menyebabkan jerawat adalah karena berlebihnya produksi minyak pada kulit wajah sehingga kulit berminyak, kulit berminyak akan memudhkan timbulnya jerawat karena pori-pori kulit mudah tersumbat akibat debu menempel pada wajah.

Jika kebetulan kulit anda berminyak kurangi mengkonsumsi makanan yang berminyak seperti gorengan, dan selalu bersihkan wajah anda setelah memakai makeup, dan selalu cuci wajah anda dengan air hangat ketika hendak tidur dan bersihkan dengan handuk bersih.

4. Hindari pemakaian Cream Wajah sembarangan.

Jangan menggunakan cream wajah yang belum terbukti khasiatnya secara medis, penggunaan cream wajah yang kurang tepat akan membuat jerawat anda tumbuh semakin banyak, terjadi iritasi pada kulit bahkan peradangan.

Untuk Memutuskan menggunakan cream pembersih anda sebaiknya konsultasikankan dengan kokter spesialis kulit. jika anda terlanjur menggunakan cream wajah lihat efeknya jika jerawat semakin bertambah atau kulit muka perih, muncul bintik-bintik merah-merah segera hentikan.


#Lakukan Perawatan jerawat dengan baik

Untuk melakukan perawatan pada kulit wajah yang berjerawat agar jerawat berkurang dan cepat sembuh sebaiknya lakukan hal-hal ini untuk mengurangi jerawat anda:

1. Hindari paparan sinar matahari langsung pada kulit wajah anda yang berjerawat

Anda bisa menggunakan pelindung muka seperti topi dan semacamnya, jika anda memang terpaksa harus beraktivitas dibawah sinar matahari, gunakan cream tabir surya yang cocok dengan kulit wajah anda.

2. Selalu membersihkan wajah selesai beraktivitas

Cucilah wajah dengan air bersih atau air hangat setelah selesai beraktivitas, terutama aktivitas yang menimbulkan banyak keringat, dengan sering mencuci maka pori-pori kuit wajah akan tetap bersih tidak tersumbat, sehingga bisa terhindar dari munculnya benjolan cikal-bakal jerawat baru.

3. Kurangi Konsumsi Makanan Berminyak.

Kurangi makanan berminyak seperti gorengan, karena makanan tersebut bisa meningkatkan produksi lemak pada kulit wajah sehingga kulit wajah anda akan mudah berminyak, wajah berminyak akan membuat debu dan kotoran lainnya mudah menempel yang berpotensi akan menyumbat pori-pori kulit wajah yang akan mengakibatkan timbulnya benjolan jerawat akibat tersumbatnya pori-pori tersebut.

4. Rajin Mencuci wajah sebelum tidur.

Sebelum tidur sebaiknya anda selalu mencuci wajah dengan air hangat bersih, dan jangan lupa gunakan handuk atau bahan yang memiliki daya serap baik untuk mengeringkan kulit wajah anda. gunakan atau selalu ganti secara berkala sarung bantal yang anda gunakan dengan yang bersih agar kulit wajah anda tidak mudah terkontaminasi bakteri atau debu yang menempel pada sarung bantal yang anda gunakan.

5. Hentikan pemakaian cream wajah jika tidak cocok.

Selalu menghetikan pemakaian cream wajah jika akibat penggunaan cream tersebut jerawat anda bertambah, gatal-gatal, timbul bercak merah atau kulit wajah terasa panas. itu artinya cream tersebut tidak cocok dan harus segera anda hentikan, namun jika bisa mengurangi jerawat anda, anda bisa melanjutkannya dan iringi dengan pola hidup sehat selalu menjaga kebersihan wajah. dan pola makan yang baik.

6. Jangan Banyak begadang

Begadang juga dianggap sebagai salah satu aktivitas yang dapat menumbuhkan jerawat pada kulit wajah anda, oleh karena itu batasi begadang.

7. Konsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Selalu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan jerawat yang anda miliki. jika jerawat anda tumbuh tidak normal, terlalu banyak, bernanah dan juga terasa perih atau sakit, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit, dokter akan menyarankan bentuk penanganan yang tepat yang harus anda ikuti.


Jerawat memang merupakan gangguan kulit yang menjengkelkan namun anda harus tetap semangat untuk mengatasi jerawat anda, sehingga jerawat anda bisa menghilang dan kulit muka kembali bersih putih halus dan normal.

Demikian Informasi sederhana tentang Tips Ampuh Mengatasi Jerawat agar Tidak Berbekas  semoga bermanfaat.