Cara Melakukan Diet Sehat yang baik dan benar

Cara Melakukan Diet Sehat yang baik dan benar

Ada banyak cara diet yang bisa anda praktekan namun program diet yang baik adalah program diet yang mampu menurukan berat badan anda sebanyak setengah sampai satu kilogram perminggu, jika program diet yang anda lakukan dapat menurunkan berat badan dibawah setengah kilogram dalam satu minggu, itu artinya diet anda kurang optimal, sedangkan apabila diet yang anda lakukan dapat menurunkan berat badan anda lebih dari satu kilogram dalam satu minggu, itu artinya diet anda terlalu berlebihan. Diet yang dilakukan secara berlebihan itu tidak baik dan dapat membuat anda mengalami gangguna kesehatan.

Diet Sehat yang baik dan benar untuk menurunkan berat badan

Ada banyak cara diet yang memberikan rekomendasi diet cepat dengan cara merubah pola makan secara mendadak dengan tujuan agar dapat menurunkan berat badan secara cepat, cara seperti itu dinilai sebagai cara yang tidak sehat, bahkan beresiko dan akan membuat anda mengalami gangguan kesehatan. Karena usaha diet seperti itu kemungkinan besar tidak akan bisa mempertahankan gaya hidup berkelanjutan sehingga tidak akan mampu menjaga kestabilan berat badan ideal dalam janga panjang.

Resiko diet cepat

Diet cepat memang mampu menurunkan berat badan secara cepat sehingga seolah-olah program diet anda berhasil namun diet cepat sebenarnya kurang baik dan akan banyak menimbulkan resiko yang berkaitan dengan masalah kesehatan:

1.  Tubuh Mudah lelah dan lemas
Umumnya program diet cepat akan memaksa pola makan secara cepat sehingga dalam waktu yang cepat harus mampu merubah pola makan  dengan porsi  yang lebih sedikit atau bahkan memaksakan diri untuk tidak makan selama beberapa jam, dengan kondisi seperti itu tubuh akan kekurangan kalori  sehingga akan mudah lelah dan lemas yang akan mempengaruhi berkurangnya  produktivitas orang yang bersangkutan.

2.    Berat badan akan cepat naik kembali
Resiko diet cepat adalah tubuh kurang terbiasa dan kurang terlatih untuk mengalami perubahan baik perubahan pola makan atau perubahan menu makan,  sehingga tidak memberikan kesempatan melatih tubuh untuk membakar kalori dalam jumlah yang banyak. Kondisi seperti itu akan membuat orang yang bersangkutan mudah untuk kembali ke pola hidup kurang sehat sehingga berat badan ideal tidak akan bertahan lama.

3.    Tubuh kekurangan nutrisi
Program diet cepat cendrung akan mengurangi asupan makanan, bahkan menghilangkan beberapa nutrisi seperti karbohidrat dan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh, padahal agar tubuh tetap sehat, tubuh memerlukan asupan karbohidrat, vitamin, mineral protein dan lemak dalam jumlah yang ideal.

4.    Merusak jaringan otom
Diet yang dilakukan secara exstrim sebenarnya tidak membakar lemak melainkan membakar oto-otot tubuh sehingga jaringan otot menjadi rusak.

5.    Gangguan kesehatan lainnya
Efek samping dari diet cepat adalah munculnya gangguan kesehatan antara lain adalah sebagai berikut:
a.    Batu empedu, 1-2 dari 10 orang yang melakukan diet cepat mengalami gangguan batu empedu
b.    Dehidrasi dan ketidak seimbangan elektrolit didalam tubuh sehingga tubuh mudah lelah.
c.    Rambut rontoh dan menstruasi tidak teratur.

Cara diet yang direkomendasikan adalah diet yang mampu menurunkan berat badan setengah sampai dengan satu kilogram perminggu, setengah kilogram lemak artinya mengandung 3.500 kalori maka untuk mengurangi setengah kilogram kalori dalam satu minggu itu artinya anda perlu membakar setidaknya 3.500 kalori dalam satu minggu, atau 500 kalori dalam satu hari.

Bagaimana cara diet yang sehat?

Cara diet yang sehat adalah upaya untuk mengelola pola makan, termasuk memilih jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi sehingga semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi.
Panduan yang dapat anda ikuti untuk melakukan diet sehat adalah sebagai berikut:

1.    Aktif Bergerak
Usahakan untuk berolah raga 2-3 jam dalam satu minggu, sebagai langkah awal anda tidak perlu berolahraga secara rutin, namun anda bisa memilih aktivitas yang memang anda gemari, misalnya, jogging di pagi hari dengan keluarga, bermain futsal bersama rekan kerja , menjadwalkan olah raga di pagi hari sebelum beraktivitas, anda bisa memilih waktu untuk berolahraga yang tidak mengganggu waktu untuk aktivitas utama anda.

2.    Kurangi mengkonsumsi makanan dengan lemak tinggi
Anda bisa mulai dari hal-hal kecil dan sederhana yang dianggap sebagai sebuah gaya hidup yang kurang sehat, Jika anda sering makan-makanan yang diproses dengan cara digoreng anda bisa menguranginya sedikit demi sedikit hingga akhirnya anda terbiasa dan tidak lagi memakan makanan seperti itu, silahkan anda targetkan untuk tidak memakan makanan yang dapat meningkatkan berat badan anda, anda bisa menggantinya dengan makanan yang lebih baik, misalnya buah-buahan, kue kering dan makanan yang tidak banyak mengandung lemak lainnya.

3.    Kurangi makanan kemasan
Makanan kemasan atau makanan siap saji pada umumnya mengandung bahan pegawet, kalori dan garam yang tidak baik untuk diet anda.

4.    Pilih makanan yang diolah dengan cara dikukus atau direbus
Upayakan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus atau dikukus dalam waktu yang tidak terlalu lama, makanan seperti itu mengandung nutrisi yang lebih lengkap, rendah kalori jika dibandingkan dengan makanan yang diolah dengan cara digoreng, karena makanan yang digoreng pada umumnya mengandung lemak jenuh dan kalori yang tinggi yang tidak baik untuk diet anda.

5.    Atur ulang menu makan anda
Agar diet anda sukses, mulailah untuk memilih dan mengkonsumsi makanan yang dapat membantu keberhasilan diet anda, sepertiga makanan bisa anda isi dengan ikan, daging ungags atau daging tanpa lemak, sepertiganya lagi anda isi dengan sayuran dan sepertiganya lagi nasi.

Cobalah untuk memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan kacang-kacangan, pilih sumber karbohidrat yang lebih sehat seperti kentang atau beras merah, kentang dan beras merah mengandung kalori lebih kecil dan serat yang tinggi dari beras putih yang pada umumnya sering dikonsumsi.

6.    Jadikan program diet anda menjadi gaya hidup berkelanjutan
Program diet yang baik harus mampu merubah gaya hidup anda dari gaya hidup yang kurang sehat menjadi gaya hidup sehat yang dapat bertahan secara konsisten, jika anda berhasil mempertahankan gaya hidup anda secara konsisten itu artinya program diet anda berhasil:.

a.    Usahakan untuk mengkonsumsi air mineral dengan takaran yang cukup dan dan teratur setiap hari, konsumsi air yang sehat adalah 2 liter perhari.
b.    Jangan melewatkan makanan utama, sarapan adalah hal yang wajib yang harus anda lakukan secara konsisten.
c.    Memperbanyak mengkonsumsi sayuran agar tubuh anda tidak cepat merasa lapar
d.    Hindari untuk mengkonsumsi makanan ringan dengan kalori tinggi
e.    Olahraga secara teratur, minimal 1-3 jam dalam seminggu. Olahraga yang teratur selain bagus untuk program diet anda, juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah sakit.
f.    Makanlah sambal duduk dan tenang. Hindari makan sambal berdiri atau makan sambil bekerja.

Kesalahan yang sering dilakukan saat diet

Kesalahan umum yang sering dilakukan saat melakukan program diet adalah sebagai berikut:

1.    Selalu melewatkan Makanan utama
Sarapan pagi , makan siang dan makan malam sebenarnya adalah makanan utama yang harus terus dilakukan walaupun sedang mengikuti program diet, bukan dihilangkan tetapi menu makanan yang harus dirubah dengan cara membagi makan sepertiga untuk daging tanpa lemak, atau ikan, sepertiga nasi, sepertiga sayuran.

2.    Jarang mengkonsumsi makanan ringan
Makanan ringan yang sehat serta tidak mengandung banyak lemak tetap diperlukan sebagai pengganti makanan cemilan yang kurang sehat yang biasa anda konsumsi sebelumnya.

3.    Kurang mengkonsumsi air mineral
Air mineral adalah salah satu factor yang dapat membantu pembakaran kalori dalam tubuh, untuk anda yang sedang menjalani program diet jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi air mineral secara tepat dan teratur.

4.    Selalu menimbang berat badan setiap hari.
Program diet yang baik tentu tidak secara cepat dapat menurunkan berat badan, anda sebaiknya selalu mengontrol berat badan anda minimal satu minggu sekali untuk melihat perubahan berat badan.

5.    Menetapkan target kurang realistis.
Jangan menargetkan untuk menurunkan berat badan yang terlalu ekstrim missal anda menargetkan berat badan harus turun 5 kilogram dalam 1 minggu, tentu itu kurang realistis, untuk menjalankan program diet yang baik, cukup anda targetkan setengah sampai satu kilogram dalam satu minggu.


Diet yang sukses adalah diet yang dapat menurunkan dan mempertahankan berat badan secara ideal, anda mampu merubah pola hidup anda secara berkelanjutan dari pola hidup kurang sehat menjadi pola hidup sehat.

Lakukan diet yang bermanfaat, bukan hanya dapat menurunkan berat badan anda, namun dapat meningkatkan kesehatan anda, mampu bertahan lama dan dapat mengubah pola hidup menjadi lebih baik.