#6 Sebab kenapa berat badan anda tidak kunjung turun walaupun keras berolahraga

#6 Sebab kenapa berat badan anda tidak kunjung turun walaupun keras berolahraga

Tips kesehatan kali ini saya rangkum dari sebuah video di chanel Healty yang dibawakan oleh dokter sungadi santoso (dokter Sung). dengan judul yang sama yaitu 6 Sebab kenapa berat badan anda tidak kunjung turun.

Memang menurunkan berat badan itu banyak sekali diupayakan oleh banyak orang, terutama oleh orang yang memiliki berat badan berlebih, mereka banyak sekali yang berusaha untuk menurunkan berat badan tentunya dengan berbagai alasan, karena faktor kesehatan atau kurang percaya diri dan ingin merubah penampilan.

Apapun motivasinya penurunan berat badan sebaiknya tidak sembarangan, namun harus sesuai dengan rekomendasi kesehatan, agar upaya penurunan berat badan bisa maksimal dan tidak berdampak pada gangguan organ tubuh lainnya.



Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan, ada yang cepat ada juga yang lambat. namun yang paling direkomendasikan oleh kesehatan adalah penurunan berat yang dilakukan secara perlahan dengan pola hidup sehat, sehingga hasil berat badan yang dihasilkan bisa lebih maksimal dan tubuh tetap sehat.

Satu hal yang sering membuat kecewa ketika kita mencoba berusaha untuk menurunkan berat badan, tidak jarang usaha kita tidak membuahkan hasil. banyak upaya yang sudah dilakukan namun badan tetap besar dan tidak turun-turun.

Nah oleh karena itu. melalui artikel kali ini saya akan perkenalkan penyebab kenapa berat badan tidak kunjung turun walaupun sudah melakukan berbagai macam diet sehat. semoga dengan memperhatikan penyebabnya anda bisa lebih pintar dan lebih sukses dalam melaksanakan program diet sehat untuk menurunkan berat badan anda.

6 Sebab kenapa berat badan anda tidak kunjung turun

Menurut dokter Sung di chanel healty, berikut adalah penyebab kenapa berat badan anda tidak kunjung turun walaupun anda sudah berusaha untuk menurunkannya dengan bermacam-macam diet:

1. Tidak Cukup Minum Air putih

Penyebab pertama karena anda tidak cukup minum air putih, idealnya konsumsi air putih yang harus dikonsumsi perharinya adalah 40cc/KgBB (40 cc setiap Kilogram berat badan) khusus untuk yang tidak berolahraga.

Contoh:
Misal jika berat badan kita 60 Kg maka dosis atau jumlah  air minum yang harus kita konsumsi setiap harinya kurang lebih sejumlah 2400cc yang diperoleh dari perkalian (60kg x 40cc).

Jika dikonversi ke liter 1 liter = 1.000 cc. maka 2400cc  adalah (2400/1000l = 2.4liter), artinya jika berat badan kita 60, maka kebutuhan air yang harus kita konsumi setiap harinya minimal sebanyak 2.4 liter.

Namun untuk anda yang sering berolahraga dan sering berkeringat, kebutuhan akan air bisa anda naikan menjadi  50cc/KgBB (50cc setiap kilogram berat badan).

Dengan konsumsi air yang cukup, maka ini akan dapat memperlancar metabolisme tubuh anda dan dapat mengurangi rasa lapar  yang menyebabkan anda tidak akan terus menerus menginginkan makan, sehingga dapat dengan cepat membantu menurunkan berat badan anda.

2. Kekurangan kebutuhan Protein

Protein merupakan salah satu zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein berperan penting bagi organ, menambah masa otot, kulit, hormon dan hal-hal lain yang berarti bagi tubuh.

Jumlah asupan protein per hari yang direkomendasikan adalah 46 gram untuk perempuan dan 56 gram untuk laki-laki.

Protein sangat diperlukan oleh tubuh untuk membantu pembakaran lemak, umumnya jika masa otot kurang maka pembakaran lemak akan kurang maksimal, sehingga akan menyebabkan sulit turun berat badan.

Sedangkan jika masa otot anda bagus, maka pembakaran lemak pun akan semakin maksimal, sehingga ini dapat membantu lebih cepat menurunkan berat badan anda.

Jadi untuk upaya menurunkan berat badan, salah satu caranya adalah menambah masa otot dengan asupan protein yang cukup, semakin baik masa otot maka pembakaran lemak juga akan semakin baik, sehingga program penurunan berat badan pun akan bekerja maksimal.

Dimana saya dapat menemukan asupan protein?
Protein dapat ditemukan dalam makanan-makanan berikut:

  1. Segala jenis ikan
  2. Daging sapi tanpa lemak
  3. Kacang-kacangan
  4. Ikan Tuna
  5. Brokoli
  6. Oat
  7. Keju Cottange
  8. Yogurt Yunani
  9. Udang
  10. Dan lain -lain.


3. Asupan Kalori Anda tidak tepat

Kalori adalah jumlah energi yang diperlukan tubuh yang diperoleh dari Makanan dan Minuman, jumlah kalori akan sangat dipengaruhi oleh seberapa banyak anda makan, semakin banyak anda makan dan minum, maka kalori andapun akan semakin banyak pula.

Asupan kalori berlebih sangat berpengaruh terhadap penurunan berat badan. jika asupan kalori berlebih maka walaupun anda berolahraga keras, berat badan anda akan sulit turun.

Jumlah kalori dalam suatu makanan biasanya ditulis dalam satuan “kilokalori” atau “kkal”. Sebagai contoh, 500 kalori akan ditulis sebagai 500 kkal. Selain dalam kkal, kalori juga dapat ditulis dalam satuan “kilojoules” atau “kJ”. 1 kJ setara dengan 0,239 kalori

Berapa kebutuhan kalori yang baik?
Untuk mendapatkan penurunan berat badan, maka asupan kalori sebaiknya diperhatikan, mengenai kebutuhan kalori, umumnya setiap orang memiliki kebutuhan kalori berbeda-beda, tergantung berat badan, tinggi badan, usia, juga jenis kelamin, komposisi tubuh dan aktivitas.

Di Indonesia, terdapat tabel panduan angka kecukupan gizi. Tabel tersebut memuat anjuran berapa banyak kalori yang dibutuhkan oleh masing-masing kelompok umur. Sebagai contoh:


  • Bayi berusia 7-11 bulan dengan berat badan 9 kg dan tinggi badan 71 cm membutuhkan energi 725 kkal per hari.
  • Laki-laki berusia 19-29 tahun dengan berat badan 60 kg dan tinggi 168 cm membutuhkan energi 2725 kkal per hari.
  • Wanita berusia 19-29 tahun dengan berat badan 54 kg dan tinggi 159 cm membutuhkan energi 2250 kkal per hari.
  • Laki-laki berusia lebih dari 80 tahun membutuhkan energi sebesar 1525 kkal dan wanita pada usia yang sama membutuhkan energi 1425 kkal per hari.
  • Bagi wanita hamil, dibutuhkan tambahan energi sebesar 180-300 kkal per harinya, tergantung pada usia trimester kehamilannya. Begitu juga dengan ibu menyusui, pada 6 bulan pertama dibutuhkan tambahan energi hingga 330 kkal dan tambahan 400 kkal pada 6 bulan berikutnya.

Untuk mendapatkan perhitungan kebutuhan kalori yang tepat, maka anda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi, sehingga asupan kalori anda tidak berlebih.

Cara yang paling mudah untuk mendapatkan kalori yang cukup adalah, harus menjaga pola makan, dan biasakan pola makan sehat cukup gizi serta hindari makan setelah jam 7 malam.

4. Makan berlebih setelah selesai berolahraga.

Penyebab yang ke 4 kenapa berat badan anda tidak kunjung turun walaupun sudah berolahraga keras adalah, anda makan berlebih setelah selesai berolahraga.

Ya mungkin karena anda berolahraga keras, akhirnya setelah selesai berolah raga pola makan anda lebih besar dari porsi biasanya karena lapar, sehingga akan mempengaruhi jumlah kalori pada tubuh.

Kebiasaan seperti itu harus dihindari  jika ingin berhasil diet sehat guna mendapatkan program berat badan yang berhasil.

Upayakan walaupun anda selesai berolah raga, tetap jaga pola makan anda jangan sampai berlebihan. jika tidak maka anda kan sulit menurunkan berat badan anda. juga hindari setelah makan tidur, karena kalori dalam tubuh anda akan menumpuk.

5. Anda banyak mengalami Stress

Stres adalah reaksi tubuh yang muncul pada saat seseorang menghadapi tekanan, ancaman, atau suatu perubahan. Stres juga dapat terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, gugup, marah, atau bersemangat.

Situasi tersebut akan memicu respon tubuh, baik secara fisik ataupun mental. Respon tubuh terhadap stres dapat berupa napas dan detak jantung menjadi cepat, otot menjadi kaku, dan tekanan darah meningkat,

Stress  ternyata merupakan salah satu penyebab berat badan sulit naik, karena stress bisa meningkatkan Hormon NEURO PEPTIDE Y (NPY).

Hormon NEURO PEPTIDE Y (NPY) tersebut bisa memicu otak untuk mempengaruhi Rasa lapar pada tubuh anda, semakin meningkat maka rasa lapar pada tubuh akan semakin sering.

Dengan munculnya rasa lapar akhirnya kita akan dipaksa tubuh untuk banyak mengkonsumsi makanan yang menyebabkan kalori dalam tubuh menjadi berlebih dan akan berdampak pada berat badan.

6. Kurang bergerak

Faktor penyebab yang ke 6 kenapa berat badan sulit turun adalah, karena anda kurang sekali bergerak sementara asupan kalori melalui makan dan minum anda sangat banyak.

Misal anda sering diam didepan televisi atau komputer dengan ditemani cemilan dan minuman yang mengandung soda, kita ketahui jumlah kalori pada soda lumayan cukup tinggi.

Jadi tipsnya gerakan tubuh anda, dan hindari ngemil dalam jumlah yang banyak saat anda dalam keadaan diam atau tidak beraktivitas.